RTA Tank Bocor – Penyebab dan Cara Mengatasinya

@IDvapor.com – Penyebab RTA tank bocor dan cara mengatasi/ memperbaiki RTA leaking/ keluar cairan liquidnya di airflow RTA. Atomizer pada vapor terdiri atas tiga (3) tipe, yaitu RTA (Rebuildable Tank Atomizer), RDA (Rebuildable Dripping Atomizer), dan RDTA (Rebuildable Dripping Tank Atomizer). Ketiganya berfungsi untuk memanaskan bagian coil dan liquid sehingga menghasilkan uap. Atomizer RTA didesain dengan tank kaca yang biasanya terbuat dari kaca pyrex yang tidak mudah memuai dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Tank tersebut berfungsi untuk menampung e-juice atau liquid.

Untuk cara kerjanya sendiri, RTA tank tetap menggunakan coil dan wick atau kapas. Tidak jarang pengguna melakukan kesalahan ketika mengganti coil atau wick sehingga menyebabkan kebocoran RTA atau biasa dikenal dengan istilah leaking. Terdapat beberapa alternatif yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi RTA bocor, ini dia penyebabnya terjadi kebocoran pada RTA anda.

rta bocor

Penyebab RTA Bocor/ Leaking Vape :

1. O ring tidak terpasang atau sudah usang
Ketika RTA mengalami kebocoran, periksa kondisi o ring pada atomizer, apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Tidak jarang kebocoran pada RTA atau leaking disebabkan karena belum terpasangnya o ring. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa o ring pada atomizer sudah terpasang dengan baik.

Namun, jika leaking masih terjadi meskipun o ring sudah terpasang dengan baik, bisa saja hal tersebut disebabkan karena o ring yang sudah usang sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika demikian, sudah saatnya mengganti o ring anda dengan yang baru.

2. Pengaturan airflow
Faktor airflow juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya leaking pada RTA. Jika pengaturan airflow terlalu rendah, maka udara yang masuk ke dalam tank semakin sedikit sehingga dibutuhkan instalasi yang lebih kuat. Jika terus memaksakan hal tersebut, timbul risiko terlalu banyak liquid yang mengalir ke coil sehingga akan terjadi leaking. Untuk itu, pastikan pengaturan airflow memungkinkan cukupnya udara yang masuk ke tank.

3. Pemasangan wick atau kapas vapor yang tidak sempurna
Dari beberapa cara mengatasi RTA bocor, ini dia penyebabnya yang seringkali dialami oleh para pengguna vapor. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan leaking adalah pemasangan wick atau vapor yang tidak sempurna. Biasanya karena kapas terlalu tipis sehingga tidak menutup bagian hole chimney. Pastikan wick atau kapas vapor menutupi hole chimney dan tidak terlalu panjang. Leaking yang disebabkan oleh hal ini dapat diatasi dengan menambahkan wick atau kapas pada coil hingga menutup hole di chimney dengan sempurna.

4. Pengisian liquid yang tidak benar
Biasanya, kebocoran yang terjadi pada RTA disebabkan oleh tekanan udara di dalam tank yang meningkat ketika ditutup setelah pengisian liquid. Hal tersebut akan menyebabkan liquid mengalir masuk ke chamber. Semakin banyak liquid yang masuk ke dalam chamber atau ruang coil, maka liquid akan keluar melalui lubang airflow. Hal ini dapat dihindari dengan melakukan pengisian liquid sesuai prosedur yang tepat.

5. Tank dibiarkan dalam posisi horizontal dalam waktu yang lama
Posisi tank juga dapat mempengaruhi RTA. Beberapa jenis tank tidak dapat berada di posisi horizontal dalam waktu yang lama. Maka dari itu, usahakan tank anda selalu berada dalam posisi vertical ketika tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Dengan memahami rangkaian penjelasan terkait cara mengatasi RTA bocor/ leaking, ini dia penyebabnya diatas, pengguna vapor dapat mengantisipasi terjadinya kebocoran atau leaking pada RTA tank maupun dapat mengatasinya jika hal tersebut terjadi. Jika berbagai upaya diatas telah dilakukan dan masih terjadi kebocoran, mungkin vapor anda sudah usang dan sudah saatnya mengganti dengan yang baru.

Pencarian Terbaru:

cara mengatasi rta bocor|rta yang tidak bocor|

Baca Juga:  Cara Mengatasi Automizer Short & Low Pada Vape
RTA Tank Bocor – Penyebab dan Cara Mengatasinya | idvapor | 4.5